Kompas.com - 25/09/2019, 16:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo yakin kerusuhan yang terjadi setelah demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR, Selasa (24/9/2019) kemarin, bukan ulah mahasiswa.

Kerusuhan, kata dia, dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Kerusuhan dan bakar-bakar itu bukan merupakan perbuatan mereka (mahasiswa)," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

"Saya yakin, adik-adik saya yang mahasiswa tidak akan melakukan hal-hal seperti itu," lanjut dia.

Baca juga: Kronologi Kerusuhan Saat Unjuk Rasa di Depan Gedung DPR Kemarin

Bambang meyakini hal itu lantaran dirinya sudah mendapat konfirmasi dari beberapa BEM yang juga anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Mereka menginformasikan kepada Bambang bahwa kerusuhan bukan dilakukan mahasiswa.

Menurut informasi yang diterima Bambang, mahasiswa justru sudah menarik diri dari tempat aksi, setelah mengetahui adanya oknum yang ingin membuat kerusuhan.

Atas sikap yang diambil mahasiswa itu, Bambang memberikan apresiasi.

"Saya beri apresiasi adik-adik mahasiswa yang tadi malam menarik diri ke kampus masing-masing," ujar dia.

Baca juga: Datang ke DPR karena Terima Pesan Berantai, Pelajar Dijemur Polisi Lalu Dibawa ke Polda

Untuk mengusut dalang kerusuhan, Bambang mengatakan, dirinya telah meminta bantuan kepolisian dan intelejen.

"Saya minta aparat keamanan Polri dan TNI khususnya Polri untuk mengusut siapa yang bermain di balik kerusuhan bakar pos polisi bakar pos penjagaan di tol dan seterusnya," kata dia.

Demo yang dilakukan oleh aliansi mahasiswa dan masyarakat sipil pada Selasa (24/9/2019) berujung ricuh dengan aparat keamanan.

Diketahui, demo tersebut digelar karena menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK). 

 

Kompas TV Salah satu mahasiswa korban ricuh unjuk rasa di DPR Selasa (24/9/2019) malam yang mengalami pendarahan di bagian kepala sudah siuman. Faizal Amir, mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia yang menjadi korban sempat diisukan meninggal dunia namun dibantah pihak keluarga. Rabu (25/9/2019) pagi Faizal sudah selesai menjalani operasi di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta Barat. Pihak rumah sakit memastikan kondisi korban mulai membaik namun masih dirawat di ruang ICU pasca operasi. Pihak keluarga juga memastikan akan menempuh proses hukum untuk menegakkan keadilan dan mengungkap penyebab insiden ini. #FaisalAmir #BentrokanDPR #DemoMahasiswa
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.