Soal Ketua Rombongan Tokoh Papua yang ke Istana, Eks Timses Jokowi dan Siap Sumbang Lahan

Kompas.com - 10/09/2019, 14:33 WIB
 Presiden Joko Widodo bertemu dengan para tokoh dari Papua dan Papua Barat. Pertemuan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019) siang. KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo bertemu dengan para tokoh dari Papua dan Papua Barat. Pertemuan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019) siang.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tokoh Papua yang diundang ke Istana rupanya pernah ikut dalam tim sukses Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019. 

Dia adalah Abisai Rollo yang menjabat Ketua DPRD Kota Jayapura.

Saat pilpres lalu, ia menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf untuk Kota Jayapura.

"Iya ketua timses," kata Abisai saat dikonfirmasi wartawan usai pertemuan dengan Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Saat pertemuan dengan Jokowi, Abisai menjadi satu-satunya tokoh yang diberi kesempatan bicara mewakili 60 tokoh Papua lain.

Baca juga: Jokowi Akan Paksa BUMN dan Swasta Terima Bekerja 1.000 Mahasiswa Papua

Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan memperkenalkan Abisai sebagai ketua rombongan.

"Kami mohon dari ketua rombongan kakak Abisai Rollo untuk bisa menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kedatangan ini," kata Budi Gunawan saat membuka pertemuan.

Dalam sambutannya, Abisai menyampaikan sembilan permintaan kepada Presiden Jokowi dan pemerintah pusat.

Namun, permintaan itu tak banyak yang berkaitan langsung dengan gejolak dan kerusuhan yang terjadi di sejumlah wilayah di Papua beberapa waktu lalu.

Satu-satunya yang berkaitan adalah permintaan agar pemerintah membangun asrama mahasiswa di tiap kota dan menjamin keamanan mahasiswa Papua.

Kerusuhan beberapa waktu lalu itu memang dipicu adanya perlakuan rasisme oleh sejumlah masyarakat dan oknum aparat kepada mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X