Jokowi: Ukuran Realisasi Anggaran Bukan Dilihat dari yang Dihabiskan

Kompas.com - 16/08/2019, 11:23 WIB
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta birokrasi efisien dalam membelanjakan anggaran.

Ia mengingatkan keberhasilan dalam membelanjakan anggaran tak diukur dari seberapa banyak yang dihabiskan, tetapi dari hasil pelayanan terhadap publik.

"Realisasi anggaran bukan diukur dari seberapa banyak anggaran yang telah dibelanjakan tetapi diukur dari seberapa baik pelayanan kepada masyarakat, seberapa banyak kemudahan diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Ia menambahkan akuntabilitas keuangan di pemerintahan juga tak dilihat dari jumlah formulir yang diisi, tetapi dari produk pelayanan terhadap publik.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Tidak Takut Persaingan

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, anggaran negara harus ditujukan untuk melayani dan menyejahterakan masyarakat, dan bukan untuk hal yang tidak efisien.

"Kemudian ukuran akuntabilitas pemerintahan jangan dilihat dari seberapa banyak formulir yang diisi dan dilaporkan tetapi seberapa baik produk yang telah dihasilkan. Anggaran negara harus sepenuhnya didedikasikan untuk rakyat," lanjut dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X