Jokowi: Pemerintah Akan Bantu, Cari Mal di Luar Negeri dan Isi dengan Produk Kita!

Kompas.com - 15/08/2019, 20:37 WIB
Presiden Jokowi saat menghadiri Peresmian Pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Mal Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019). KOMPAS.com/ IHSANUDDIN Presiden Jokowi saat menghadiri Peresmian Pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Mal Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta produk- produk lokal yang berkembang di dalam negeri untuk diinvasi ke mal-mal di luar negeri.

Menurut Jokowi, pemerintah akan berupaya membantu brand lokal menjangkau pasar mancanegara.

“Pemerintah akan bantu menyiapkan. Enggak tau, apakah ada anggaran marketing yang bisa di-cover pemerintah. Cari mal strategis misalnya di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Filipina, dan Thailand. Cari tempat yang strategis. Kuasai separuhnya, isi dengan merek kita,” kata Jokowi di depan ratusan pengusaha dalam pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia Tahun 2019 di Mall Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Baca juga: Jokowi Sindir Emak-emak yang Suka Beli Tas dan Sepatu Impor

Jokowi mengaku kerap merasa sedih saat berkunjung ke negara lain. Sebab, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak melihat satu pun brand Indonesia yang mampu eksis di luar negeri.

"Saya sedih kadang-kadang datang ke negara lain, banyak restoran Thailand, tetapi Indonesia tidak ada. Ini membangun sebuah brand negara ya ini," kata Jokowi.

Dia pun mendorong merek seperti Sari Ratu dan J.Co untuk ekspansi ke negara lain.

Begitu juga dengan produk lain tekstil dan sepatu. Produk hijab lokal bisa diperluas pasarnya ke kawasan Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab. Begitu juga dengan kosmetik Wardah.

"Cari mal, tempat strategis, enggak tahu nanti biayanya kita bagi-bagi dengan pemerintah. Ini pekerjaan besar, produknya kita bawa masuk ke negara lain," kata dia.

Baca juga: Jokowi Minta Pemilik Mal Bantu Cegah Membanjirnya Barang Impor

Meski mendorong ekspansi ke luar negeri, ia mengingatkan agar pelaku usaha lokal tetap mengisi pasar dalam negeri. Jangan sampai pasar dalam negeri justru dibanjiri produk impor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X