Kapolri Pimpin Sertijab Komandan Korps Brimob dan Kapolda Kalteng

Kompas.com - 07/08/2019, 10:42 WIB
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019). KOMPAS.com/Devina HalimKapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).
Penulis Devina Halim
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Korps Brimob Irjen Ilham Salahudin.

Selanjutnya, Ilham akan menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko akan mengisi posisi Ilham sebagai Dankor Brimob.

Upacara serah terima dilakukan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).


Baca juga: Rotasi, Dankor Brimob dan Capim KPK dari Polri Tempati Jabatan Baru

Setelah penyematan lencana dan pemberian tongkat komando, prosesi dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan.

"Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab," ucap Tito yang diikuti kedua perwira tinggi tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri memutasi 115 perwira tinggi dan menengah di lingkungan Kepolisian RI atau Polri.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2023/VIII/KEP./2019 dan ST/2024/VIII/KEP./2019. Dua surat tersebut tertanggal 2 Agustus 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan bahwa rotasi jabatan dalam rangka penyegaran internal institusi.

"Hal ini dilakukan dalam rangka tour of duty, penyegaran, dan reward. Di antara Kapolda Kalteng, Kakorbrimob, beberapa Wakapolda, Kapolres, dan lainnya," ujar Dedi ketika dihubungi, Jumat (2/8/2019).

Baca juga: Polri Diminta Transparan soal Hukuman Bagi Brimob yang Keroyok Warga

Dalam surat tersebut, salah satu nama yang mencolok adalah Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin yang akan menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dedi menuturkan, Ilham mengalami rotasi sebagai bentuk penghargaan atas kinerjanya.

"Untuk Kakor Brimob sebagai reward atas keberhasilan Beliau memimpin pasukan dalam pengamanan pemilu di wilayah dan pengamanan pemilu di Ibu Kota," ucap Dedi.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X