Puan: Kader Sepakat Tetapkan Kembali Megawati Ketua Umum PDI-P

Kompas.com - 07/08/2019, 07:16 WIB
Megawati Soekarnoputri tahun 1998. KOMPAS/ARBAIN RAMBEYMegawati Soekarnoputri tahun 1998.

JAKARTA, KOMPAS.com - Megawati Soekarnoputri dipastikan akan kembali terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) dalam Kongres V PDI-P di Bali pada 8 hingga 10 Agustus 2019.

Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI-Perjuangan nonaktif, Puan Maharani mengatakan, semua pimpinan dewan pimpinan daerah partai di 34 provinsi sepakat untuk memilih Megawati sebagai ketua umum lima tahun ke depan.

"Kami semua kader partai dari 34 provinsi sudah bersepakat bahwa kami akan menetapkan lagi Bu Megawati sebagai ketua umum periode yang akan datang," ujar Puan di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Puan Sebut Megawati Akan Buat Kejutan Saat Kongres V PDI-P di Bali

Menurut Puan, seluruh kader PDI-P meyakini Megawati masih mampu mengawal seluruh program partai agar bersinergi dengan program Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan, partainya memang sengaja mempercepat Kongres ke V.

Sedianya, Kongres V dilaksanakan pada tahun 2020 jika mengacu pada berakhirnya masa kepemimpinan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI-P.

Percepatan Kongres V bertujuan menyinergikan semua program kepartaian dengan program pemerintah.

"Dan kami akan meminta Beliau untuk bisa memberikan arahan bagaimana program partai dan kabinetnya ke depan sesuai dengan arahan Bu Mega," kata Puan.

Jika pada Kongres ke V nanti Megawati kembali terpilih, ia akan menjadi ketua umum terlama yang memimpin partai.

Baca juga: Regenerasi Pemimpin PDI-P Ada di Tangan Megawati

Adapun Megawati mendirikan dan menjadi Ketua Umum PDI-P sejak tahun 1999.

Artinya, Megawati telah memimpin partai berlambang banteng itu sekitar 20 tahun.

Megawati juga sempat menjadi Presiden kelima RI periode 2001 hingga 2004, menggantikan Presiden Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X