Ini Isi Pertemuan Bilateral Indonesia-Argentina

Kompas.com - 26/06/2019, 12:53 WIB
Presiden Joko Widodo, Rabu (25/6/2019) pagi, menerima Presiden Republik Argentina Mauricio Macri di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat. Dok. Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo, Rabu (25/6/2019) pagi, menerima Presiden Republik Argentina Mauricio Macri di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

BOGOR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Presiden Argentina Mauricio Macri, Rabu (26/6/2019), menggelar pertemuan bilateral di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi mengaku senang dapat menyambut Presiden Macri di Indonesia untuk pertama kali.

"Saya senang dapat bertemu lagi dengan Yang Mulia Macri di Jakarta setelah pertemuan kita sebelumnya di G20 Summit di Guangzhou tahun 2016," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi sangat menghargai kunjungan ini. Ia yakin kunjungan ini menjadi tonggak baru hubungan Indonesia dengan Argentina.


Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa ia dan Macri akan bertemu di perhelatan G20 di Osaka, Jepang, pada akhir pekan ini.

Baca juga: Jokowi Terima Presiden Argentina

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi berharap agar kerja sama yang dilakukan bukan hanya demi keuntungan kedua negara, melainkan juga keuntungan dunia.

"Sebagai sesama anggota G20, tentunya bukan hanya kerja sama bilateral yang juga akan kita tingkatkan, namun juga kerja sama lain yang dapat membawa kebaikan dunia," ujar dia.

Pertemuan bilateral itu sendiri membahas soal kemungkinan kerja sama dagang di sejumlah bidang, antara lain kedirgantaraan, pertanian hingga pembelian gerbong kereta api produk Indonesia.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja ikut hadir dalam pertemuan bilateral dan konferensi pers bersama. Antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X