Usai Amankan Arus Mudik, Korlantas Polri Fokus Jaga Pusat Keramaian Publik pada Hari Lebaran

Kompas.com - 05/06/2019, 07:00 WIB
Gedung pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/15). Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang dibangun dan diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. RADITYA HELABUMIGedung pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/15). Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang dibangun dan diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai fokus pada penjagaan kelancaran lalu lintas di tempat-tempat keramaian, mulai dari masjid hingga pusat perbelanjaaan.

"Kita akan tingkatkan personil lalu lintas pada Hari Raya Idul Fitri di masjid pada pagi hari hingga mal dan pasar yang menjadi tempat keramaian publik," ujar Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri, Kombes (Pol) Bakharuddin Muhammad Syah di kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2019).

Baca juga: Pola Makan dan Olahraga, Agar Berat Badan Tak Yo-yo Saat Lebaran

Bakharuddin menjelaskan, setelah masyarakat beragama Islam melakukan shalat Id, biasanya mereka akan melanjutkan kegiatannya di pusat-pusat keramaian seperti objek wisata, mal, dan pasar.

Maka dari itu, lanjutnya, personil polisi lalu lintas perlu ditingkatkan guna mengantisipasi titik-titik yang memicu kemacetan.

Di sisi lain, Korlantas Polri terus mengimbau masyarakat untuk mengutamakan keselamatan saat berada di pusat keramaian publik.

Baca juga: Ingat, Bijaklah Saat Santap Makanan Khas Lebaran...

Selain itu, tutur Bakharuddin, personilnya juga bertugas mengamankan dan melancarkan sejumlah titik wisata. Hal itu dilakukan guna mengefektifkan personil yang semula berjaga di sejumlah ruas atau jalur mudik.

"Tentunya untuk H-1 mulai ada pengamanan yang berpindah ya, ada pengurangan dan pergeseran personil ke tempat-tempat wisata," paparnya.

Korlantas Polri, lanjutnya, sudah membuat surat edaran ke seluruh posko pengamanan mudik dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memfokuskan pada kelancaran ruas jalan di tempat wisata.

Baca juga: Arab Saudi Lebaran Hari Ini, Kenapa Indonesia Baru Besok?

Bakharuddin menegaskan, pergeseran personil ke area objek wisata dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan. Keselamatan pun diharapkan menjadi prioritas bagi wisatawan dan pemandu wisata.

"Korlantas Polri sudah berkoordinasi dengan polisi polair, satpol PP, Kementerian Perhubungan, dinas pariwisata setempat, dan lainnya untuk berjaga di objek wisata dan tempat rekreasi," ungkapnya kemudian.

Baca juga: Memahami Pentingnya Saling Memaafkan Saat Lebaran, Menurut Sains

 

Korlantas Polri, seperti diungkapkan Bakharuddin, menekankan kepada seluruh personil untuk mengecek seluruh sarana dan prasarana serta fasilitas umum di lokasi-lokasi wisata.

Pengecekan tersebut, tuturnya, dilakukan untuk menjaga keselamatan dari wisatawan. Kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan adanya korban diharapkan tidak terjadi.

"Kita harus cek bahwa lokasi-lokasi wisata itu tingkat keselamatannya tinggi. Jangan sampai ada korban," imbuhnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X