Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Jokowi Pilih Kampung Deret Jadi Tempat Pidato Kemenangan

Kompas.com - 21/05/2019, 14:37 WIB
Ihsanuddin,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memilih kampung deret di kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, sebagai tempat pidato kemenangan.

Jokowi tiba di kampung deret sekitar pukul 12.30 WIB, Selasa (27/5/2019). Ia mengenakan setelan andalannya berupa kemeja putih lengan panjang, celana hitam dan sneakers.

Kehadiran mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung disambut antusias oleh warga setempat yang telah berkumpul. Ia sempat menyapa dan berbincang-bincang dengan warga sambil menunggu kedatangan cawapresnya, Ma'ruf Amin.

Baca juga: Jokowi: Saya Sangat Menghargai Prabowo-Sandi ke MK

 

Setelah Ma'ruf Amin tiba, baru lah Jokowi bicara di podium menyampaikan pidato kemenangan. Dalam pidatonya, Jokowi berterimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya dan Ma'ruf.

Jokowi juga menyatakan bahwa ia dan Ma'ruf Amin akan menjadi presiden dan wapres bagi seluruh rakyat Indonesia setelah dilantik nanti.

"Setelah dilantik Oktober, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh Rakyat Indonesia. Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia," ujar Jokowi membaca teks pidato.

Baca juga: Jokowi Minta Hargai Kehendak Rakyat dalam Pemilu 2019

Usai pidato, Jokowi menjawab pertanyaan wartawan terkait alasannya memilih kampung deret sebagai tempat pidato. Jokowi memilihnya karena memiliki kenangan tersendiri dengan kampung deret ini. Ia membangun kampung ini saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.

"Ya sambil nengok dulu kampung deret yang kita bangun," kata Jokowi disambut sorak sorai warga yang mengelilinginya.

Jokowi mengatakan, dalam dialognya dengan warga, mereka ingin agar pembangunan rumah deret di kampung itu dilanjutkan. Jokowi pun berjanji akan mengupayakan permintaan warga itu.

Baca juga: Jokowi: Sejak 17 April Sudah Ada Rencana Bertemu Prabowo

"Sudah saya sanggupi nanti saya mau izin dulu ke gubernur," kata Kepala Negara.

KPU menetapkan Jokowi-Ma'ruf memenangi pilpres 2019, Selasa dini hari tadi. Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen. Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen.

Kompas TV Calon Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kemenangannya. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin negara periode 2019-2024. Ucapan terima kasih itu disampaikan Jokowi dalam pidato di kampung deret, di RT 13 RW 01, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (12/5). Jokowi berbicara didamping calon wakil presiden Ma'ruf Amin di tengah kerumunan warga. #CapresJokowi #KemenanganJokowi #JokowiMaruf
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com