KILAS

Jadi Calon Pemimpin Bangsa, Menhan Minta Lulusan SMAN TN Miliki Integritas Pancasilais

Kompas.com - 16/05/2019, 11:51 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat menjadi inspektur upacara pada penutupan pendidikan atau prasetya alumni siswa SMA Taruna Nusantara angkatan XXVII (ke-27) Tahun Pendidikan 2018/2019, di Balairung SMA Taruna Nusantara, Magelang, Selasa (14/5/2019). Dok. Humas Kementerian PertahananMenteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat menjadi inspektur upacara pada penutupan pendidikan atau prasetya alumni siswa SMA Taruna Nusantara angkatan XXVII (ke-27) Tahun Pendidikan 2018/2019, di Balairung SMA Taruna Nusantara, Magelang, Selasa (14/5/2019).

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta para alumni SMA Taruna Nusantara (TN) angkatan XXVII (ke-27) harus menjadi generasi muda Indonesia yang maju dan berkarakter. Generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berkarya.

“Selain itu, para alumni SMA TN selaku generasi penerus perjuangan juga harus memiliki kekuatan integritas kepribadian Pancasilais, mental kokoh, ulet, tegar, dan pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara,” kata Menhan dalam keterangan tertulisnya.

Menhan sendiri mengatakan itu saat menjadi inspektur upacara pada penutupan pendidikan atau prasetya alumni siswa SMA TN angkatan XXVII (ke-27) Tahun Pendidikan 2018/2019, di Balairung SMA Taruna Nusantara, Magelang, Selasa (14/5/2019).

Lebih Lanjut Ryamizard Ryacudu meminta pula para alumni SMA TN harus menyadari fungsinya sebagai generasi penerus, yakni berkewajiban untuk melanjutkan cita-cita Proklamasi 17 agustus 1945 dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

“Terlebih kalian ini adalah generasi muda Indonesia keturunan pejuang dan patriot-patriot bangsa Indonesia serta pewaris utama kemurnian nIlai-nilai Pancasila,” ujar Menhan

Tak lupa pula dalam sambutannya Menhan menyampaikan selamat kepada para siswa SMA TN angkatan XXVII, yang telah berhasil dengan baik menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun.

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat menjadi inspektur upacara pada penutupan pendidikan atau prasetya alumni siswa SMA Taruna Nusantara angkatan XXVII (ke-27) Tahun Pendidikan 2018/2019, di Balairung SMA Taruna Nusantara, Magelang, Selasa (14/5/2019). Dok. Humas Kementerian Pertahanan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat menjadi inspektur upacara pada penutupan pendidikan atau prasetya alumni siswa SMA Taruna Nusantara angkatan XXVII (ke-27) Tahun Pendidikan 2018/2019, di Balairung SMA Taruna Nusantara, Magelang, Selasa (14/5/2019).

Dia mengatakan berakhirnya masa pendidikan di SMA TN ini baru awal dan titik tolak dari rangkaian panjang proses pembentukan jati diri generasi muda Indonesia yang sesungguhnya.

“Para alumni SMA TN adalah putra-putri terbaik bangsa yang telah dididik dan dipersiapkan secara sistematis dan terarah, untuk menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sebagai informasi, para siswa SMA TN khususnya angkatan XXVII, memiliki beberapa prestasi. Di antaranya berhasil lulus 100 persen dengan perolehan angka ujian nasional yang sempurna dan meraih prestasi pada berbagai lomba di tingkat nasional maupun internasional.

Tak cuma itu, SMA TN juga telah memperoleh penghargaan tertinggi di tingkat nasional sebagai “Sekolah Pendidikan Karakter Bangsa” dan “Sekolah Rujukan Nasional”.

Kemudian meraih Sertifikat ISO 9001-2015 yang menunjukkan bahwa SMA TN sudah terstandarisasi secara internasional.

Menhan berharap, semua prestasi itu dapat menjadi modal dan sumber motivasi yang baik bagi SMA TN, untuk terus meningkatkan diri dalam usianya yang memasuki usia ke-30.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X