PT KAI Buka Pendaftaran Mudik Gratis Mulai Hari Ini, Berminat?

Kompas.com - 26/04/2019, 12:33 WIB
Kereta Api Wijaya Kusuma baru, rute Cilacap-Banyuwangi yang berisikan kelas Premium dan Eksekutif. PT KAI (Persero)Kereta Api Wijaya Kusuma baru, rute Cilacap-Banyuwangi yang berisikan kelas Premium dan Eksekutif.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) kembali memberikan pelayanan mudik gratis pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Pendaftarannya mulai dibuka pada hari ini, Jumat (26/4/2019), hingga 8 Mei 2019.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, PT KAI menyediakan 2.500 kursi untuk program Mudik Gratis 2019. Total kursi tersebut terbagi dalam arus mudik dan arus balik.

Edi menjelaskan, program mudik gratis dapat mengurangi minat masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat pulang ke kampung halaman sehingga membantu meminimalkan angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya. 


Baca juga: Senin, Website Pendaftaran Mudik Gratis Dishub Jatim Sudah Bisa Diakses

“Kami berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat membantu masyarakat untuk merayakan Lebaran dengan keluarganya di kampung halaman,” kata Edi kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs mudikbumn.co.id pada 26 April-8 Mei 2019. Meski pendaftaran dibuka hingga 8 Mei 2019, jika kuota yang tersedia telah habis maka otomatis pendaftaran ditutup.

Arus mudik menggunakan kereta api (KA) ini diberangkatkan pada 26-27 Mei 2019. Sementara, untuk arus balik dijadwalkan berangkat pada 15-16 Juni 2019.

Baca juga: Gelar Mudik Gratis, KAI Sediakan 2.500 Kursi

Edi menegaskan, mudik yang diberikan oleh PT KAI tidak dipungut biaya apa pun.

"Masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang meminta imbalan saat proses administrasi serta pada saat di perjalanan mudik gratis ini," ujar dia.

Terdapat 8 rute perjalanan program mudik gratis dari PT KAI, sebagai berikut:

1. KA Kertajaya Lebaran

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X