Kotak Suara Pemilu di Luar Negeri Boleh Berbeda, asal Transparan

Kompas.com - 16/04/2019, 09:38 WIB
Warga Negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Moscow, Rusia, Minggu (14/4/2019). Sebanyak 1.020 daftar pemilih tetap WNI di seluruh Rusia mengikuti Pemilu 2019 dan akan dihitung pada Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAHWarga Negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Moscow, Rusia, Minggu (14/4/2019). Sebanyak 1.020 daftar pemilih tetap WNI di seluruh Rusia mengikuti Pemilu 2019 dan akan dihitung pada Rabu (17/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak permasalahkan kotak suara pemilu di luar negeri yang berbeda dengan kotak suara di Indonesia.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, yang terpenting, kotak suara pemilu harus transparan.

"Di luar negeri itu enggak apa-apa (kotak suara berbeda) selama memenuhi unsur ada transparan. Itu kan enggak mungkin disamain kayak kita (kotak surat suara di Indonesia)," kata Ilham Saputra di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Jelang Coblosan, NTT Masih Kekurangan 1.947 Kotak Suara dan 3.890 Bilik Suara

Ilham mengatakan, kotak suara pemilu di luar negeri mungkin saja dibuat berbeda lantaran tidak tersedianya bahan kotak suara sama seperti yang ada di Indonesia.

Di Indonesia, kotak suara terbuat dari dupleks kedap air.

Kotak suara di luar negeri disediakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) masing-masing negara.

"Dari PPLN, daerah yang mengadakan," ujar Ilham.

Baca juga: KPU DKI Ganti Kotak Suara yang Rusak Termakan Rayap

Sebelumnya, beredar di media sosial dan WhatsApp pemungutan suara Pemilu 2019 di Jepang menggunakan kotak suara yang tidak terbuat dari dupleks, melainkan dari akrilik.

Kotak suara tersebut transparan sepenuhnya dan bisa digembok.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Polemik Kotak Suara Kardus Di Pemilu 2019

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X