Jokowi Unggulkan Infrastruktur sebagai Solusi Ketimpangan dan Ketidakadilan

Kompas.com - 13/04/2019, 21:03 WIB
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Konser itu merupakan kampanye akbar untuk memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayCalon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Konser itu merupakan kampanye akbar untuk memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyebut dirinya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla telah berusaha mengembalikan watak asli pembangunan negara, yaitu tidak hanya bertumpu pada pembangunan tapi juga pemerataan.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan infrastruktur selama 4,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK.

"Pertumbuhan ekonomi tanpa pemerataan adalah sebuah ketimpangan," kata Jokowi dalam debat kelima pilpres di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

"Oleh sebab itu, kami membangun infrastruktur tidak di Jawa saja, tidak Jawasentris, tapi Indonesiasentris," sambungnya.


Baca juga: Jokowi: Pemerintah Sudah Bekerja Keras Kembalikan Watak Asli Pembangunan

Dengan infrastruktur tersebut, Jokowi ingin menekan ketimpangan antara kaya dan miskin, juga menekan ketimpangan antar wilayah yang mengakibatkan ketidakadilan.

Dari situ, Jokowi berharap, ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa. Baik berupa kawasan industri kecil maupun kawasan ekonomi khusus pariwisata.

Hal ini akan berdampak pada kerajinan yang dihasilkan oleh desa.

Jokowi juga mengaku ingin terus memperjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia.

"Kami juga ingin terus memperjuangkan kemandirian ekonomi Indonesia. "Oleh sebab itu, sumber daya alam strategis yang sebelumnya dikelola oleh asing (kini) dikuasai negara, seperti Blok Mahakam, Blok Rotan, dan juga Freeport," ujar Jokowi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X