Gemas Lihat Tingkah Sandiaga, Ruhut Sitompul Jadi YouTuber demi Jokowi

Kompas.com - 15/03/2019, 11:05 WIB
Ruhut Sitompul membuat program Ruhut Buka-Bukaan yang ditayangkan secara berkala di akun youtube Ruhut P Sitompul. Program itu mengkampanyekan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019.Akun YouTube Ruhut Sitompul Ruhut Sitompul membuat program Ruhut Buka-Bukaan yang ditayangkan secara berkala di akun youtube Ruhut P Sitompul. Program itu mengkampanyekan pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dalam Pilpres 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Relawan Bravo 5 Ruhut Sitompul menjadi youtuber demi menyosialisasikan keberhasilan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

Dia memiliki program bernama "Ruhut Buka-Bukaan" yang ditayangkan secara berkala di akun youtube "Ruhut P Sitompul".

Sejak dibuat empat bulan lalu, akun ini sudah memiliki 81.825 subscriber.

Kepada Kompas.com, Ruhut bercerita awal mula program ini. Dia setuju dengan ucapan calon wakil presiden nonor urut 01 Ma'ruf Amin yang mengatakan bahwa orang yang tidak mengakui kinerja Jokowi artinya buta dan tuli.


Baca juga: Ruhut Sindir Kubu Prabowo Hanya Percaya Survei Internal

Ruhut mengatakan, selama ini orang yang sering menyebut Jokowi tidak bekerja adalah kubu pasangan capres cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Saya enggak bisa terima waktu namanya Sandi mengatakan tempe setipis kartu ATM. Itulah saya langsung mengadakan blusukan-blusukan. Di mana dia datang, saya datangi," ujar Ruhut ketika dihubungi, Jumat (15/3/2019).

Dia langsung blusukan ke bawah untuk melawan ucapan Sandiaga. Ruhut ingat pada saat itu Jokowi menyindir bahwa ada orang yang tidak pernah datang ke pasar, tetapi mendadak sering ke pasar.

Baca juga: Sandiaga: Saya Apresiasi Pak Presiden yang Sudah Mulai Turun ke Pasar Tradisional

Sandiaga pun membalasnya dengan mengatakan bahwa dirinya adalah ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia.

"Saya blusukan ke Jawa Barat dan beberapa pasar di Solo. Saya tanya siapa ketua pedagang pasar? Ada yang bilang namanya si Baduy, si Jono, si Asep. Saya tanya si Sandi kenal enggak? Mereka jawab 'Ah enggak kenal saya sama dia'," ujar Ruhut.

Tak mau biarkan kebohongan

Akhirnya, dia pun melanjutkan program "Ruhut Buka-Bukaan" hingga beberapa episode. Ruhut selalu mengangkat tema-tema yang hangat dibicarakan kubu 02.

Baca juga: Ruhut: Enggak Salah Prabowo Bilang Arah Pembangunan Keliru Sejak Orde Baru?

Dia akan membalikan narasi negatif kubu 02 dengan blusukan langsung ke lapangan.

"Maka jadilah 'Ruhut Buka-Bukaan'. Di luar dugaan saya kaget. Saya kaget sudah ditonton 6 juta orang. Saya jadi youtuber, sudah 82.000 subscriber," kata Ruhut.

Ruhut mengatakan, semangat dari program ini adalah dia tidak ingin membiarkan kebohongan dibiarkan.

Menurut dia, kebohongan yang disampaikan terus menerus akan dipercayai orang dan dianggap sebuah kebenaran.

"Janganlah lakukan kebohongan-kebohongan. Kebohongan kalau dibiarkan jadi kebenaran," kata dia.

Ruhut sudah membuat beberapa episode program "Ruhut Buka-Bukaan". Beberapa episode tersebut berjudul "OK OCE Gagal Mau Dibawa ke Nasional?", "Ekspedisi Trans Jawa : Program Nyata Jokowi", "Menguak Misteri Kebohongan Prabowo Mengenai Kasus Bunuh Diri di Gunungkidul".



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X