Ini Zonasi Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu

Kompas.com - 06/03/2019, 17:16 WIB
Rapat pengundian zonasi kampanye rapat umum di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019) Kompas.com/Fitria Chusna FarisaRapat pengundian zonasi kampanye rapat umum di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian zonasi kampanye rapat umum untuk peserta pemilu 2019, Rabu (6/3/2019), di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Pengundian dilakukan menggunakan dua buah bola yang diberi tanda A dan B, yang dimasukan dalam sebuah mangkuk.

Tanda A menunjukkan zonasi wilayah A, sedangkan bola bertanda B menunjukkan zonasi wilayah B.

Bola undian diambil secara serentak dari dalam mangkuk oleh perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Hasilnya, TKN mendapat bola B, sedangkan BPN mendapat bola A.

Baca juga: INFOGRAFIK: Zonasi Kampanye Rapat Umum dalam Pemilu 2019

Artinya, pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf akan memulai kampanye rapat umum per 24 Maret di wilayah B, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memulai kampanye di wilayah A.

Mereka akan bertukar zonasi setiap 2 hari sekali. Aturan ini adalah hasil revisi dari kesepakatan awal yang menyatakan pertukaran zonasi dilakukan setiap 3 hari sekali.

"Zona ini akan menjadi zona nasional rapat umum, hanya rapat umum. Kalau untuk metode kampanye lain tidak menggunakan zona ini," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam rapat pengundian zonasi kampanye rapat umum di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Zonasi juga berlaku bagi partai politik peserta pemilu. Sesuai kesepakatan, partai politik berkampanye mengikuti zonasi pasangan capres-cawapres yang mereka dukung.

Ada sepuluh partai pendukung Jokowi-Ma'ruf yang mengawali kampanye rapat umum di zona B, yaitu PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, PSI, PBB, PKPI, Perindo, dan Hanura.

Baca juga: Hindari Bentrok, KPU Akan Bagi Zonasi Kampanye

Sementara, lima partai pendukung Prabowo-Ma'ruf yang akan mengawali kampanye rapat umum di zona A adalah Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, Berkarya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X