Panelis Akan Kirim Rumusan Isu yang Tak Muncul di Debat ke Capres

Kompas.com - 21/02/2019, 06:13 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo, Ketua KPU, Arief Budiman, dan Calon Presiden No Urut 2, Prabowo Subianto menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo, Ketua KPU, Arief Budiman, dan Calon Presiden No Urut 2, Prabowo Subianto menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Debat Kedua Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Panelis debat kedua pilpres akan menyerahkan daftar rumusan isu yang sebelumnya telah dibuat dan belum muncul dalam debat kedua, ke tim kampanye pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi.

Daftar rumusan isu itu berkaitan dengan tema debat kedua pilpres, yaitu energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Sejumlah isu ini tidak muncul lantaran dari total pertanyaan debat yang dibuat panelis, hanya ada segelintir pertanyaan yang dimunculkan melalui mekanisme undian.

"Beberapa isu strategis itu belum sempat dibahas dalam debat. Artinya tidak sempat menjadi pertanyaan yang diperdebatkan oleh para kandidat," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Baca juga: Polemik yang Tersisa dari Debat Kedua...

"Maka isu strtageis itu akan diserahkan kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02," sambungnya.

Menurut Arief, rumusan isu tersebut dapat dijadikan referensi bagi kedua pasangan calon untuk membuat kebijakan ke depan.

Sekretaris panelis debat kedua pilpres yang juga Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Nur Hidayati mengatakan, sejumlah isu yang belum muncul di debat kedua misalnya soal Freeport.

Menurut panelis, Freeport menyisakan sejumlah permasalahan yang belum terselesaikan, seperti masalah buruh, lingkungan hidup, sosial, hingga lingkungan adat.

Baca juga: BPN Kritik Mekanisme Undian Pertanyaan Debat Kedua

Ada juga soal tentang permasalahan lingkungan, seperti penataan ruang yang terintegrasi darat dan laut, memiliki perspektif bencana dan juga memperhatikan batas batas ekologis.

Isu lain yang belum muncul adalah soal impor pangan dan limbah.

"Satu lagi misalnya terkait dengan riset dan development yang terkait dengan renewable energy. Kita kan sebagai negara yang terdampak perubahan iklim masih banyak menggunakan energi fosil," ujar Nur Hidyati.

"Bagaimana mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil dan meningkatkan renewable energy," sambungnya.

Nur Hidayati menegaskan daftar rumusan isu yang belum muncul itu akan diberika ke tim kampanye kedua paslon dalam waktu debat.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X