KPU Perintahkan KPUD Supervisi Distribusi Logistik Pemilu Secara Berkala

Kompas.com - 12/02/2019, 20:46 WIB
Komisi Pemilihan Umum kota Palopo, mulai merakit logistik pemilu 2019 berupa kotak suara dan bilik suara, Jumat (08/02/2019)KOMPAS.com/AMRAN AMIR Komisi Pemilihan Umum kota Palopo, mulai merakit logistik pemilu 2019 berupa kotak suara dan bilik suara, Jumat (08/02/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) memerintahkan KPU provinsi untuk melakukan supervisi distribusi dan pengecekan logistik pemilu secara berkala.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, hal ini penting untuk memastikan logsitik pemilu terdistribusi dengan baik.

"Mungkin nanti bisa dibuat semacam berkala ya, seminggu sekali kah, atau dua minggu sekali terkait distribusi," kata Ilham di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Pengecekan logistik pemilu di gudang penyimpanan dinilai penting untuk memastikan logistik yang sudah terdistribusi tersimpan dengan aman.

Selain itu, KPU RI juga meminta KPU provinsi berkoordinasi dengan Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota dalam pendistribusian logistik.

"Saya instruksikan KPU provinsi berkoordinasi dengan Bawaslu kabupaten/kota maupun provinsi terkait distribusi logistik ini," ujar Ilham.

Baca: VIK: Pemilu 2019, Sejarah Baru Pesta Demokrasi

Upaya KPU ini dilakukan sebagai salah satu tindak lanjut dari rusaknya ribuan kotak suara pemilu di Cirebon, Jawa Barat.

Jumlah kotak suara pemilu rusak di Cirebon mencapai 1.410 unit. Data ini mengacu pada temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat.

Ketua Bawaslu Jawa Barat Zaki menyebutkan, angka itu masih bersifat sementara. Jumlah kotak suara rusak masih mungkin bertambah lantaran Bawaslu masih terus melakukan pengecekan di gudang penyimpanan.

Kotak suara yang digunakan untuk Pemilu 2019 adalah karton kedap air atau dupleks.

Setelah melalui proses uji coba, kotak suara berbahan dasar dupleks itu mampu menahan beban lebih dari 80 kilogram.

Kotak suara ini pun kedap air. Namun, kedap air dalam hal ini bukan berarti kotak diguyur menggunakan air dalam jumlah banyak, tetapi misalnya terpercik air hujan.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X