Presiden Hadiri Syukuran HUT Ke-72 HMI di Rumah Akbar Tandjung

Kompas.com - 05/02/2019, 21:45 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat Peringatan 72 tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan syukuran pengangkatan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional di Jakarta, Selasa (5/2/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama. ANTARA/Akbar Nugroho GumayPresiden Joko Widodo memberikan sambutan saat Peringatan 72 tahun Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan syukuran pengangkatan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional di Jakarta, Selasa (5/2/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menghadiri acara syukuran HUT ke-72 Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI) sekaligus syukuran gelar Pahlawan Nasional kepada Lafran Pane.

Presiden Jokowi datang pada acara yang diselenggarakan di kediaman Ketua Dewan Penasihat Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Akbar Tandjung, di Jalan Purnawarman, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).

Presiden yang datang pada pukul 19.30 WIB disambut Akbar yang didampingi istri.

Sebanyak 377 orang diundang untuk datang ke acara itu.


Baca juga: Bertemu Jokowi di Istana Bogor, Ketua HMI Bacakan 9 Tuntutan Rakyat

Dilaporkan Antara, sejumlah pejabat yang turut hadir pada acara syukuran, antara lain Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Natsir, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Selain itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD. 

Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Akbar Tandjung menyempatkan diri menyapa wartawan yang menunggu di depan halaman rumah.

"Mohon doanya ya, mohon doa semoga acaranya lancar," kata Akbar yang mengenakan pakaian batik.

Baca juga: Agum Gumelar: Memang Ada Magnet di Badannya Jokowi

Selain itu, acara ini sekaligus syukuran atas gelar pahlawan nasional bagi Lafran Pane juga dilakukan pada acara itu.

Lafran Pane dianugerahi gelar pahlawan pada 2017 melalui Keputusan Presiden RI Nomor: 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Lafran Pane adalah tokoh pergerakan pemuda dan memprakarsai pembentukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 5 Februari 1947.

Dia juga salah satu tokoh utama yang menentang pergantian ideologi negara dari Pancasila menjadi komunisme.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X