Kompas.com - 25/12/2018, 16:05 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menegaskan kedatangannya ke Pandeglang, Banten bukan untuk kampanye Pemilihan Presiden 2019. Dia hanya ingin bertemu dengan korban tsunami Selat Sunda yang berhasil selamat.

"Saya kan enggak mengajak mereka memilih saya," ujar Ma'ruf di Pandeglang, Selasa (25/12/2018).

Pantauan Kompas.com, Ma'ruf memang tidak mengatakan ajakan memilih pada saat bertemu dengan korban selamat. Biasanya dia hanya bertanya kronologi bencana dari sudut pandang masyarakat.

Baca juga: Bertemu Pengungsi, Maruf Amin Ingatkan untuk Tidak Mengeluh

Kemudian, Ma'ruf akan mendoakan mereka dan menasihati agar sabar. Ma'ruf mengatakan kunjungan ini merupakan upayanya meringankan beban korban. Ini juga merupakan empatinya sebagai sesama orang Banten.

"Saya ini orang Banten, jadi merasa prihatin. Ini bukan urusan kampanye lagi, kampanye itu lain lagi," ujar Ma'ruf.

Selama di Pandeglang, Ma'ruf menemui korban selamat yang masih dirawat di RSUD Berkah Pandeglang. Setelah itu, Ma'ruf datang ke posko pengungsian di Kantor Lurah Sukasari dan Masjid Jami Al Mu'amanah di Kampung Tenjolahang Timur.

Baca juga: Dijenguk Maruf Amin, Korban Selamat Ceritakan Saat Tsunami Tiba-tiba Datang

Dia senang bahwa korban puas dengan penanganan pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak. Kepada Ma'ruf, warga yang mengungsi mengatakan kebutuhan mereka sudah terpenuhi.

"Saya tanya mereka yang di pengungsian apa yang kurang. Mereka mengatakan cukup alhamdulillah, hanya mereka ingin pulang, sudah bosan itu ada di penampungan," kata Ma'ruf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.