"Bang Sandi Itu 'Feels Like Home' Saat di Pasar..."

Kompas.com - 27/11/2018, 09:05 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno saat mengiris tempe dengan ukuran yang tipis di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan, Kota Malang, Jumat (23/11/2018) KOMPAS.com / ANDI HARTIKCalon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno saat mengiris tempe dengan ukuran yang tipis di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan, Kota Malang, Jumat (23/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Tim Ekonomi Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, Alex Yahya Datuk, mengatakan, memantau harga-harga di pasar bukan hal baru bagi calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno.

Menurut Alex, memerhatikan dinamika di pasar sudah menjadi passion Sandiaga.

"Bang Sandi itu feels like home di pasar itu," kata Alex, dalam acara Aiman yang ditayangkan Kompas TV, Senin (26/11/2018).

Alex mengingatkan, Sandiaga sudah lama menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pedang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).


Baca juga: Perdebatan Harga Pasar Jokowi vs Sandiaga Bikin Pertarungan Pilpres Lebih Rasional

Sebelum ikut dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019, kata Alex, Sandiaga sudah mengurus pasar termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Dia adalah orang yang sangat concern dengn UMKM. Pasar itu tempatnya UMKM, denyut ekonomi UMKM itu di pasar. Dia sudah bicara dan memperjuangkan UMKM itu sejak belasan tahun lalu," kata dia.

Oleh karena itu, blusukan Sandiaga ke pasar dinilai bukan hal yang dilakukan tiba-tiba. Alex mengatakan, Sandiaga mengunjungi pasar untuk berdialog dengan pedagang dan pembelinya.

Baca juga: Komentar Sandiaga atas Pernyataan Jokowi Orang Super Kaya Tiba-tiba Datang ke Pasar

Dalam dialog itu, Sandiaga mendengarkan keluhan soal harga-harga yang tidak stabil.

"Itu selalu keluar masalah harga, masalah ketidakterjangkauan harga, tidak adanya daya beli, pedagang mengeluhkan masyarakat juga banyak yang daya belinya menurun," kata Alex.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan ini, terjadi "saling jawab" antara Sandiaga dengan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, mengenai harga berbagai barang kebutuhan.

Sandiaga mengungkapkan, ia menerima berbagai keluhan warga mengenai mahalnya harga kebutuhan dan tak stabilnya harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat.

Baca juga: Sandiaga: Saya ke Pasar Serap Aspirasi, kalau Belanja Namanya Pencitraan

Hal ini diungkapkan Sandiaga beberapa kali seusai mengunjungi berbagai pasar di sejumlah daerah.

Menanggapi Sandiaga, Jokowi meminta agar tak ada pihak yang menakut-nakuti warga dengan menyebut harga-harga mahal. Menurut Jokowi, dari temuannya di pasar, harga-harga cenderung stabil.

Jokowi bahkan sempat menyebut ada pihak yang orang super kaya, tiba-tiba datang ke pasar, tidak berbelanja, tetapi kemudian menyebut harga mahal.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Sandiaga Salahudin Uno

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X