Upacara Kemerdekaan di Istana, SBY Kembali Absen

Kompas.com - 17/08/2018, 11:22 WIB
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono sempat bersalaman dan saling menyapa saat keduanya hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Kedua tokoh tersebut hadir di istana untuk mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-72. Anung Anindito (Dokumentasi Susilo Bambang Yudhoyono)Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono sempat bersalaman dan saling menyapa saat keduanya hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). Kedua tokoh tersebut hadir di istana untuk mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-72.
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018) dihadiri oleh para mantan presiden dan wakil presiden.

Pantauan Kompas.com, hadir Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ketiga BJ Habibie, Wakil Presiden keenam Try Sutrisno dan Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz, dan Wakil Presiden kesebelas Boediono. Hadir pula istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Sementara itu, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhyono (SBY) kembali absen. Hingga selesainya upacara, Ketua Umum Partai Demokrat itu tidak terlihat hadir di halaman Istana Merdeka.

Baca juga: 10 Tahun Absen Ikuti Upacara 17 Agustus di Istana, Akankah Megawati Penuhi Undangan Terakhir SBY?

Sejak lengser dari posisi Presiden dan digantikan Jokowi pada 2014, SBY memang selalu absen dalam upacara kemerdekaan di Istana atau pun sidang tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen.

Namun, SBY akhirnya sempat menghadiri peringatan kemerdekaan di Istana pada tahun lalu. Ia datang bersama istrinya, Ani Yudhoyono, serta kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Namun, tahun ini SBY kembali absen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X