Parpol Dinilai Dapat Juru Kampanye Gratis Melalui Caleg Artis

Kompas.com - 19/07/2018, 05:35 WIB
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya seusai memaparkan hasil survei Pilpres dan Pileg 2019, di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (6/6/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTODirektur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya seusai memaparkan hasil survei Pilpres dan Pileg 2019, di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (6/6/2018).
Penulis Devina Halim
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, partai politik mendapatkan juru kampanye secara cuma-cuma melalui artis yang diusung sebagai calon anggota legislatif.

"Ketika artis-artis itu turun ke daerah pemilihan (dapil), kemudian melakukan kampanye akbar, otomatis mereka (partai) akan mendapatkan juru kampanye yang lebih bisa menyedot perhatian masyarakat", kata Yunarto saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/7/2018).

Selain itu, menurut dia, cerita lama bahwa para artis juga dimanfaatkan sebagai penggaet suara publik di tiap daerah pemilihan.

"Artis-artis ini memang biasanya akan mendapatkan suara yang cukup lumayan dibandingkan dengan calon-calon baru lain, sehingga suara partai akan terdongkrak dengan sendirinya", ujar Yunarto.

Baca juga: Bambang Soesatyo Duga Partai Gaet Caleg Artis untuk Raih Simpati Pemilih

Ia menilai bahwa cara itu sebenarnya menunjukkan gagalnya proses kaderisasi oleh partai politik.

Minimnya kader yang berkualitas membuat partai politik cenderung mengambil jalan pintas hanya dengan mengusung orang-orang terkenal.

Oleh sebab itu, Yunarto mengatakan, pemerintah sebetulnya dapat turun tangan. Peraturan dapat dibuat terkait syarat caleg, dengan demikian partai lebih serius dalam proses kaderisasi.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X