Kompas.com - 18/07/2018, 12:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan calon anggota legislatif dari kalangan artis tidak menjamin akan mendapatkan perolehan suara yang tinggi dalam pemilihan.

Menurut Lucius, dari data yang diperoleh Formappi, pada pemilu legislatif 2014 lalu, ada 74 caleg berlatarbelakang artis dan pesohor. Para caleg tersebut menyebar di sejumlah partai, kecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, dari 74 nama tersebut, tercatat hanya 19 orang di antaranya yang berhasil meraih suara terbanyak di daerah pemilihan masing-masing dan selanjutnya menuju ke Senayan.

"Kelihatan bahwa jaminan nama tenar atau beken para artis tak otomatis membuatnya unggul melawan caleg-caleg dari kalangan non artis di masing-masing dapil," ujar Lucius kepada Kompas.com, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Caleg Artis PKB, Farhat Abbas hingga Said Bajaj Bajuri

Menurut Lucius, kalangan artis yang lolos ke parlemen dari pemilu sebelumnya memang hampir semuanya tak mampu bersinar gemilang. Tak terlihat kinerja maksimal dari anggota legislatif yang berlatarbelakang artis.

Menurut Lucius, kegemilangan karirnya di dunia artis yang membawa namanya populer di tengah masyarakat berbanding terbalik ketika statusnya sudah menjadi politisi.

Bahkan, menurut Lucius, sebagian artis yang menjadi anggota legislatif menunjukkan ekspresi kebingungan saat bekerja sebagai politisi.

Kompas TV Simak dialognya dalam Sapa Indonesia Pagi berikut ini


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.