Saat Jusuf Kalla Minta Ustaz Abdul Somad Bicara "Stunting"...

Kompas.com - 29/03/2018, 04:34 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara penurunan stunting di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (28/4/2018) Kompas.com/YOGA SUKMANAWakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri acara penurunan stunting di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (28/4/2018)
Penulis Yoga Sukmana
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menganggap sosialiasi pencegahan stunting atau kekerdilan fisik tidak hanya pada pundak Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut Kalla, pencegahan stunting juga memerlukan bantuan banyak pihak, termasuk para pemuka agama.

Dalam acara Pertemuan Nasional Penurunan Stunting, Kalla mengajak para pemuka agama untuk ikut ambil bagian menyosialisasikan pencegahan stunting. Salah satu yang diajak Kalla adalah Ustaz Abdul Somad.

"Nanti saya akan bilang sama Ustaz Somad agar bicara juga tentang stunting," ujar Kalla di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Sontak saja, penyataan Wapres Kalla itu menuai respons dari para kepala desa dan pejabat daerah yang menghadiri acara pertemuan nasional tersebut. Mereka kompak tertawa dan tepuk tangan.

(Baca juga: Pemerintah Optimistis Turunkan Angka Stunting hingga 2019)

Melihat sambutan yang diberikan kepala desa dan pejabat daerah, Kalla malah berkelakar.

"Banyak tepuk tangan berarti banyak yang nonton YouTube-nya Ustaz Somad ini pasti," kata Kalla sembari tertawa.

Menurut Kalla, pelibatan pemuka agama dalam kampanye pencegahan stunting sangat penting. Sebab, bagi sebagian masyarakat, kata dia, pemuka agama lebih didengar ketimbang petugas kesehatan.

Wapres Kalla meminta agar jajaran pemerintah bersama swasta bergotong royong mencegah terjadinya stunting. Caranya dengan menyosialisasikan program gizi baik lewat asupan makanan bergizi.

Selain itu, perlu juga kampanye pentingnya pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi setidaknya 100 hari pertama setelah melahirkan. Berbagai asupan gizi kepada bayi pada 100 hari pertama memang sangat krusial untuk perkembangan selanjutnya.

(Baca juga: Menkes Minta Program Pencegahan "Stunting" Dikerjakan Bersama)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X