PDI-P Targetkan 154 Kursi DPR pada Pemilu 2019 - Kompas.com

PDI-P Targetkan 154 Kursi DPR pada Pemilu 2019

Kompas.com - 25/02/2018, 19:17 WIB
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas PDI-P di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Minggu (25/2/2018).Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas PDI-P di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Minggu (25/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekjen PDI-P, Eriko Sotarduga menyatakan, partainya menargetkan 140 hingga 154 kursi di DPR pada Pemilu 2019. Hal itu merupakan salah satu hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 PDI-P.

Eriko mengatakan, target tersebut diambil dari tren elektabilitas partai melalui hasil survei selama setahun terakhir. Ia mengungkapkan, elektabilitas PDI-P berada di antara 22 hingga 30 persen.

"Sekarang 109 kursi. Nah, itu minimal, di angka itu, ya. Itu asumsi itu, kita ditanamkan dalam Rakernas itu, kalau kami bisa bekerja keras, bisa aja hal itu (mencapai 154 kursi) terjadi," kata Eriko di lokasi Rakernas, Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Minggu (25/2/2018).

Baca juga : Rekomendasi Rakernas PDI-P, Megawati Perintahkan Pemenangan Jokowi

Ia juga mengungkapkan, saat ini PDI-P tengah menyiapkan kriteria calon legislatif (caleg) untuk menjadi pedoman dalam proses seleksi. Di antara beberapa kriteria caleg PDI-P ialah berjiwa muda dan milenial.

"Kalau kata Ibu Megawati (Soekarnoputri) paling penting (kriterianya) untuk menghindari korupsi. Itu yang paling ditekankan. Kami masih susun," lanjut dia.

Baca juga : Rakernas PDI-P Fokus Bahas Strategi Pemenangan Jokowi

Kompas TV Rakernas PDI Perjuangan mulai membahas kriteria calon wakil presiden yang bisa mendampingi Jokowi.



Close Ads X