Kompas.com - 29/05/2017, 09:25 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan, Indonesia akan membuat bank data terorisme dan bekerja sama dengan negara lain.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan terorisme yang memiliki jaringan secara global di beberapa negara, salah satunya Indonesia.

"Sudah disepakati (membuat) bank data untuk terorisme seluruh dunia. Sehingga nanti ada pemetaan anatomi terorisme di dunia seperti apa dan lebih mudah kerja sama untuk membasmi mereka," ujar Wiranto, saat ditemui di Kantor DPP Nasdem, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2017).

Saat berkunjung ke Rusia dan Arab Saudi, kata Wiranto, ia telah membicarakan kerja sama pemberantasan terorisme dengan kedua negara tersebut.

Baca: Pemerintah Tak Ingin UU Anti-Terorisme seperti "Internal Security Act"

Menurut Wiranto, semua negara telah sepakat bahwa terorisme merupakan musuh bersama yang harus dibasmi secara bersama.

"Sehingga nanti tak hanya tukar-menukar informasi, atau pemahaman cyber untuk terorisme, kita juga kerja sama untuk memotong jalur logistik mereka melalui bank data," lanjut Wiranto.

Kompas TV Indonesia Melawan Terorisme
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.