Kompas.com - 13/04/2017, 14:57 WIB
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi akan meningkatkan kerja sama bidang pendidikan Bahasa Arab dan ilmu Islam.

Kerja sama tersebut direalisasikan melalui Universitas Islam Imam Mohammed bin Saud.

"Ini merupakan implementasi dari kunjungan Raja Salman untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (13/4/2017), seperti dikutip Antara.

Sebelumnya Wapres Kalla menerima kunjungan Rektor Universitas Islam Imam Mohammed Bin Saud, Sulaiman Bin Abdullah Aba Al-Khail dan anggota Dewan Ulama Senior Kerajaan Saudi Arabia.

Wapres mengatakan, kerja sama khususnya dalam pemberian beasiswa sudah lama berjalan namun peningkatan akan dilakukan dalam pendidikan Bahasa Arab dan ilmu Islam di universitas-universitas di Indonesia.

(Baca: Kalla: Rakyat Saudi Melihat, Indonesia Tak seperti yang Dibayangkan)

Rektor Universitas Islam Imam Mohammed Bin Saud, HE DR Sulaiman Bin Abdullah Aba Al-Khail mengatakan, pertemuannya dengan Wapres Kalla merupakan tindak lanjut dari kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada Maret lalu.

Pada kesempatan itu Rektor juga menyampaikan tentang peresmian sejumlah lembaga ilmu pengetahuan Islam dan Arab di sejumlah daerah di Indonesia yang merupakan cabang dari Universitas Islam Imam Mohammed Bin Saud di Riyadh.

Juga peresmian Arab Saudi Corner serta sejumlah program dan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga ilmu pengetahuan Islam dan Arab di Indonesia atau di beberapa daerah.

(Baca: Arab Saudi Bangun Kawasan Hiburan, Luasnya Setengah Kota Jakarta)

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Wapres Kalla atas upaya dan pendirian lembaga pendidikan Islam dan Arab di Indonesia, dimana hal itu, akan sangat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia," katanya.

Menurut dia, peningkatan kerja sama dengan Indonesia tersebut merupakan suatu keharusan karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki peran yang besar dalam kemajuan Islam dan kaum muslimin.

Kompas TV Meskipun paspamres turut mengawal tamu kenegaraaan namun biasanya para tamu negara khususnya setingkat presiden sudah tentu membawa pasukan pengamanannya tersendiri. Salah satunya yang menjadi perhatian netizen dibalik kedatangan Raja Salman yakni Al-Fagum. Pengawal Raja Salman ini mempunyai pesona yang mampu membuat orang kagum
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.