Kompas.com - 11/04/2017, 11:30 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo melantik tujuh orang sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima orang sebagai komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Tujuh komisioner KPU itu yakni Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asy'ari, Arief Budiman dan Viryan.

Mereka dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2017.

Adapun, lima komisioner Bawaslu terpilih yakni Ratna Dewi Petalolo, Mochammad Afifudin, Rahmat Bagja, Abhan dan Fritz Edward Siregar.

Mereka dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 2017.

Pembacaan Keppres Komisioner KPU dan Bawaslu tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara Cecep Setiawan.

Usai pembacaan Keppres, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan didampingi rohaniwan.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan Pengawas Pemiliuan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundangan dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945..."

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh sungguh jujur adil dan cermat demi suksesnya pemilu DPR, DPD, dan DPRD, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan gubernur, bupatu dan wali kota, tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan negara RI daripada kepentingan pribadi atau golongan," demikian isi sumpah jabatan tersebut.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Presiden Jokowi juga menandatangani di lembar yang sama.

Kompas TV 14 Calon Komisioner KPU Ikut Seleksi di DPR
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.