Jokowi "Nonton" Final Piala Presiden, Stadion Pakansari Disetrilkan

Kompas.com - 12/03/2017, 12:26 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus

JAKARTA, KOMPAS.com - Area di sekitar lokasi pertandingan final Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, disterilkan menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo dan rombongan.

Presiden akan menonton langsung laga final antara Arema FC dan Pusamania Borneo FC (PBFC). Acara itu berlangsung malam ini sekitar pukul 19.00 WIB.

"Steril sekarang, sudah disterilisasi jadi tidak ada satu pun yang parkir di dalam," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus kepada Kompas.com, Minggu (12/3/2017).

Polisi telah membuat sejumlah kantung parkir untuk menampung kendaraan pendukung dari dalam maupun luar kota.


Pola pengamanan terdiri dari enam ring. Ring pertama berada di dalam stadion. Area VVIP tempat Presiden dan rombongan menonton dijaga ratusan personel gabungan Polri dan TNI.

"Polda Jabar ada 6.029 personel kita turunkan ke sana untuk pengamanan," kata Yusri.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.400 dari kepolisian, 580 dari unsur TNI, dan sisanya dari stakeholder lainnya.

Polda Jabar mendapatkan bantuan pengamanan juga dari Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur karena banyaknya pendukung yang masuk dari luar Bogor. Diperkirakan, totalnya hampir 15.000 personel yang akan diturunkan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta masyarakat untuk menaati aturan selama puncak acara Piala Presiden berlangsung.

(Baca: Final Piala Presiden, Kapolri Larang Masyarakat Bawa Kembang Api dan Laser)

Tito meminta masyarakat tertib dengan tidak membawa barang-barang yang dilarang. Sebelum masuk ke stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, para pendukung akan melewati pengecekan di setiap pintu masuk.

"Kami amankan ketat di pintu, tidak boleh membawa miras, flares, senjata tajam, dan laser yang bisa mengganggu," kata Tito.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X