Kompas.com - 10/02/2017, 15:26 WIB
|
EditorKrisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah memasukkan isu keselamatan masyarakat dan lingkungan ke dalam materi debat calon kepala daerah.

Koordinator Jatam Nasional Merah Johansyah menyampaikan, hal ini penting karena salah satu inti dari pemilihan kepala daerah adalah menjawab persoalan di masyarakat, termasuk keberlangsungan hidup dan keselamatan lingkungan.

"Isu terkait keselamatan masyarakat dan lingkungan akibat industri pertambangan masih belum menjadi prioritas dalam debat para kandidat pilkada serentak. Padahal, sebagian besar wilayah Indonesia saat ini sudah menjadi komoditas pertambangan," ujar Merah dalam diskusi di bilangan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jumat 10/2/2017).

Merah mengatakan, pihaknya mencatat bahwa saat ini ada sekira 10.936 Izin Usaha Pertambangan.

Dengan kata lain, sebanyak 44 persen dari seluruh dataran Indonesia saat ini sudah dikavling sebagai pertambangan batu bara dan migas.

(Baca: Masyarakat Diimbau Pilih Kepala Daerah yang Peduli Lingkungan)

Jumlah IUP tersebut berpotensi akan terus bertambah jika isu lingkungan tidak menjadi salah satu pembahasan penting bagi calon pemimpin daerah.

Padahal di sisi lain, dampak kerusakan lingkungan akibat pendirian industri tambang juga mengancam kehidupan manusia.

Seperti yang terjadi di Kepulauan Bangka Belitung sebagai wilayah yang penambangan terbesar, misalnya. Jatam mencatat sudah 61 orang tewas selama kegiatan pertambangan dilakukan.

Kemudian, saat ini ada sekitar 20.000 lubang pasca penambangan dilakukan. Masyarakat pun memanfaatkan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang berasal dari lubang tambang.

Menurut Merah, pemimpin daerah dalam upaya meningkatkan ekonomi daerahnya tidak berorientasi pada industri pertambangan, tetapi fokus pada industri non-tambang seperti pertanian.

Sebab, industri pertambangan memberi dampak lingkungan yang sangat merusak. "Jadi sebenarnya kita sedang merayakan satu bentuk ekonomi bunuh diri," kata dia.

Sedianya, secara serentak pemilihan kepala daerah dilaksanakan pada 15 Februari 2017.

Ada 101 daerah yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut. Rinciannya, 7 Provinsi akan menggelar Pilgub; 18 kota dan 76 kabupaten menggelar Pilkada.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.