Kompas.com - 16/11/2016, 07:04 WIB
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Ammy Amalia menilai keterwakilan perempuan sebagai anggota legislatif diperlukan.

Menurut Ammy, keterwakilan itu penting agar undang-undang yang dibuat juga dapat mewakili kepentingan perempuan Indonesia.

Sayangnya, keterwakilan perempuan di DPR RI mulai menurun pada 2014 lalu. Ammy menuturkan, hal tersebut disebabkan banyak perempuan tidak antusias menjadi anggota legislatif.

"Kita itu memerlukan lebih banyak lagi perempuan yang mau memiliki minat untuk mencalonkan diri di lembaga legislatif," ujar Ammy saat diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Untuk itu, Ammy berharap keterwakilan itu dapat dibantu dengan menghadirkan perempuan dalam lembaga penyelenggara pemilu.

Ammy mengatakan, kehadiran mereka di lembaga penyelenggara pemilu dapat menjadi stimulus dan meningkatkan antusiasme perempuan mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

"Salah satu stimulusnya adalah apabila di lembaga penyelenggara pemilu ini memiliki anggota perempuan lebih banyak," ujar Ammy.

Menurut Ammy, kehadiran tersebut dapat menumbuhkan rasa keberpihakan terhadap perempuan. Alhasil, antusiasme perempuan untuk mendaftar sebagai calon anggota legislatif.

"Itu juga memberikan rasa nyaman bagi mereka yang mau mengajukan diri sebagai caleg dan menggali informasi," ucap Ammy.

Kompas TV KPU Sosialisasikan Pilkada DKI Jakarta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.