Menkumham Minta Semua Kanwil Sosialisasikan Hak Kekayaan Intelektual

Kompas.com - 20/10/2016, 11:30 WIB
Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly usai acara 'Diseminasi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Tahun 2016' di Jakarta, Rabu (14/9/2016). Dimas Jarot BayuMenteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly usai acara 'Diseminasi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Tahun 2016' di Jakarta, Rabu (14/9/2016).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta semua kantor wilayah (kanwil) Kementerian Hukum dan HAM untuk menyosialisasikan hak kekayaan intelektual.

Instruksi tersebut disampaikan Yasonna melalui telekonferensi kepada semua kanwil di Indonesia.

"Saya mengharapkan komitmen dari para kanwil, (mengingat) pentingnya hak kekayaan intelektual karena berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi," ujar Yasonna, di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Menurut Yasonna, pemerintah menyadari bahwa perlindungan maksimal terhadap kekayaan intelektual tidak saja memberikan dampak positif terhadap citra Indonesia, tetapi secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian dan penciptaan lapangan kerja.

Di sisi lain, menurut Yasonna, penegakan hak intelektual akan melindungi produsen di dalam negeri.

Kampanye mengenai hak intelektual diharapkan dapat mengurangi pembajakan dan perampasan hak paten.

"Misalnya, untuk pencipta lagu, film, atau pencipta software," kata Yasonna.

Menurut Yasonna, sosialisasi dan pengawasan terhadap hak kekayaan intelektual dapat mulai dilakukan di tempat-tempat umum, pasar, hingga tempat-tempat pendidikan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X