Kompas.com - 26/09/2016, 12:29 WIB
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukriyanto menyatakan dalam waktu dekat partainya akan segera memanggil Ruhut Sitompul dan Hayono Isman terkait perbedaan pandangan dalam Pilkada DKI.

Keduanya justru menyatakan dukungan kepada pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura. Padahal, Demokrat bersama PPP, PAN, dan PKB secara resmi telah mengusung Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni.

Didik mengatakan, Demokrat akan memeriksa Ruhut dan Hayono secara administratif terkait pernyataan mereka kepada publik dalam mendukung pasangan petahana dan komentarnya terhadap pasangan calon yang diusung Demokrat.

Meski demikian, Didik mengaku Demokrat tak akan gegabah dalam menyikapi Ruhut dan Hayono.

(Baca: Dewan Kehormatan Demokrat Anggap Ruhut dan Hayono Hanya Cari Perhatian)

Ia mengatakan, alat kelengkapan partai tentu akan bekerja secara profesional dan penuh kehati-hatian. Ia pun menegaskan, hingga saat ini Ruhut dan Hayono masih tercatat sebagai pengurus Partai Demokrat sesuai dengan posisi yang dijabatnya saat ini.

"Tetapi, nanti pasca-pemeriksaan dan bila harus diberi sanksi ya pasti kami beri sanksi. Tentu sanksinya akan proporsional sesuai dengan tingkat kesalahannya," lanjut Didik.

Sebelumnya Partai Demokrat bersama PPP, PKB, dan PAN resmi mengusung putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai calon gubernur. Dia didampingi oleh Sylviana Murni sebagai calon wakil gubernur.

Namun, di tengah perjalanan, ternyata dua kader partai berlambang mercy itu, yakni Ruhut Sitompul dan Hayono Isman, membelot dan menyatakan dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.