Kompas.com - 21/09/2016, 05:55 WIB
Rano Karno berjalan memasuki Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa, Jumat (17/1/2014). Rano diperiksa sebagai saksi bagi terdakwa Akil Mochtar dalam kasus pengurusan sengketa Pilkada di Provinsi Banten. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Rano Karno berjalan memasuki Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa, Jumat (17/1/2014). Rano diperiksa sebagai saksi bagi terdakwa Akil Mochtar dalam kasus pengurusan sengketa Pilkada di Provinsi Banten. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memutuskan mengusung Rani Karno untuk Pemilihan Gubernur Banten 2017. Kepastian Rano Karno diusung PDI-P disampaikan oleh Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016).

"Si Doel anak Betawi H Rano Karno sebagai calon gubernur Banten," ujar Hasto.

Menurut Hasto, Rano Karno diusung oleh PDI-P karena sudah berpengalaman sebagai Wagub dan Gubernur Banten. Namun, Hasto belum mengumumkan pasangan pemeran Si Doel itu.

"Di Banten kami berbeda dengan DKI, tidak bisa mengusung sendiri. Kami masih menjalankan komunikasi intensif dengan PPP," kata Hasto saat ditanya pasangan Rano.

(Baca: Demokrat, Golkar, PKS, dan Hanura Ajukan Wahidin Halim-Andika Azrumy untuk Pilkada Banten)

Teka-teki mengenai siapa calon pendamping Rano Karno dalam Pilgub Banten ini tampaknya akan ditentukan pada saat menjelang pendaftaran. PDI-P berencana secara serentak mendaftarkan pasangan yang didukungnya pada Pilkada 2017 pada tanggal 21 September.

Di Banten, Rano Karno memiliki pesaing kuat yang didukung oleh sejumlah koalisi partai politik. Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy telah meraih dukungan dari empat partai, yakni Demokrat, Golkar, PKS dan Hanura.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, bekas Bupati Lebak Mulyadi Djayabaya secara terang-terangan mendukung Wahidin-Andika. Padahal, Djayabaya merupakan tokoh PDIP Banten.

Tak hanya itu, ada pula calon independen yang sudah dinyatakan verifikasi oleh KPU Banten yang akan bertanding pada Pilgub 2017. Mereka adalah Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dari jalur perseorangan, Dimyati Natakusuma-Yemmelia serta Yayan Sofyan-Ratu Enong Mandala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.