KPK Periksa Bupati Indramayu Terkait Dugaan Pemberian Mobil oleh Rohadi

Kompas.com - 20/09/2016, 22:29 WIB
Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di depan Gedung KPK, Rabu (7/9/2016). Dimas Jarot BayuKabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di depan Gedung KPK, Rabu (7/9/2016).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Indramayu Anna Sophanah untuk mendalami dugaan pemberian mobil oleh mantan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi.

"Pada hari ini berkaitan penyidikan TPPU (tindak pidana pencucian uang) untuk tersangka R (Rohadi) melakukan pemeriksaan terhadap Bupati Indramayu (Anna). Yang bersangkutan diperiksa terkait aset yang diduga pemberian dari R (Rohadi) kepada yang bersangkutan (Anna)," ujar Priharsa, di KPK, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Mobil Pajero Sport dengan nomor polisi E 104 ANA diduga diberikan Rohadi kepada Anna sebagai imbalan atas berdirinya Rumah Sakit Umum (RSU) Reysa Permata milik Rohadi.

"Jadi ada dugaan ada pemberian dari R kepada yang bersangkutan," kata dia.

"Tapi belum ada barang yang disita dari Bupati Indramayu," tambah Priharsa.

Sebelumnya, Rohadi erjerat tiga kasus berbeda. Ia didakwa menerima suap dari kakak dan pengacara Saipul Jamil, terdakwa dalam kasus percabulan yang ditangani di PN Jakarta Utara, untuk membantu mengurus penunjukan majelis yang menyidangkan perkara Saipul Jamil.

Uang tersebut rencananya akan diberikan kepada Ifa Sudewi, yang merupakan Ketua Majelis Hakim pada perkara percabulan yang melibatkan Saipul Jamil sebagai terdakwa.

Selain itu, Rohadi diduga menerima gratifikasi terkait pengurusan perkara hukum di Mahkamah Agung. Kasus ini diduga terkait dengan jabatannya yang juga sebagai panitera pengganti di Pengadilan Bekasi. 

Rohadi juga ditetapkan sebagai tersangka kasus pencucian uang.

Ia diduga mengirim, mengalihkan, membelanjakan dan menukar uang dan harta kekayaan yang berasal dari hasil kejahatan korupsi guna menyamarkan asetnya tersebut.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X