Kompas.com - 07/09/2016, 14:09 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorSabrina Asril

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan, agar anggota Palang Merah Indonesia (PMI) jangan terlalu sibuk bekerja di kantor. Setiap saat dan setiap waktu, PMI harus bekerja mempersiapkan diri guna mengantisipasi terjadinya kondisi darurat.

“PMI selalu saya katakana kurangi rapat. Rapatya terlalu banyak, berarti menghabiskan waktu,” kata Kalla saat membuka Rapat Kerja Teknis PMI di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

“PMI tidak (bekerja) berdasarkan birokrasi. Tidak ada birokrasi PMI, nah tapi kesiapan selalu,” lanjut dia.

Kalla mengatakan, PMI memiliki kemampuan untuk menggalang kekuatan masyarakat ketika bencana terjadi. Namun, untuk melakukan hal itu tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Penggalangan itu, kata Kalla, dapat dilakukan melalui pendidikan kesukarealaan dan mengajarkan arti kemanusiaan kepada masyarkat. Sehingga, ketika bencana terjadi, masyarakat secara sukarela akan memberikan bantuan.

“Kalau kita menghargai kemanusiaan secara bersama sama pasti tidak terjadi konflik. Peran itu saya harap dari daerah dapat menyelesaikan,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.