Kompas.com - 12/05/2016, 10:04 WIB
Bambang Soesatyo Kompas.com / Dani PrabowoBambang Soesatyo
Penulis Ihsanuddin
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim sukses bakal calon ketua umum Partai Golkar Ade Komarudin, Bambang Soesatyo, meminta Komite Etik Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar bersikap netral.

Dia meminta Komite Etik mengusut pertemuan tim sukses bakal calon ketua umum Setya Novanto dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Tingkat I di ajang golf Sentul dan pertemuan di Hotel Ritz Carlton.

"Komite Etik tidak mengerti aturan yang ditetapkan panitia Pengarah. Di Bab X Pasal 10 jelas mengatakan bahwa larangan untuk bertemu pemilik suara juga berlaku bagi tim sukses," kata Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/5/2016).

"Pertemuan Ritz Charlton Dan turnamen golf yang dihadiri oleh tim sukses caketum jelas-jelas melanggar aturan etik. Bagaimana seorang Fadel Muhammad dan Lawrence Siburian sebagai pimpinan Komite Etik tidak tahu aturan terkait larangan itu," kata dia.

Bambang lalu mempermasalahkan sikap Komite Etik yang reaktif mennggapi pertemuan Ade Komarudin dengan pimpinan DPD I Kalimantan Barat di Hotel Grand Melia, Jakarta.

Padahal, kata dia, pertemuan itu tidak direncanakan.

"Pertemuan yang tidak sengaja di Hotel Grand Melia dianggap melanggar aturan, sedangkan pertemuan yang sudah direncanakan seperti pertemuan Ritz Charlton Dan Turnamen Golf dianggap tidak melanggar. Ada apa dengan komite etik?" kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.