Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Batal Hadiri Acara Penobatan KBPH Suryodilogo sebagai Paku Alam X

Kompas.com - 06/01/2016, 17:12 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo batal menghadiri acara penobatan Putra Mahkota Kadipaten Pura Pakualaman Kanjeng Bendara Pangeran Harya (KBPH) Prabu Suryodilogo sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X.

Acara itu rencananya akan digelar pada Kamis (7/1/2016), di Kagungan Dalem Bangsal Sewotomo Kadipaten Pakualaman, Yogyakarta.

"Tidak jadi hadir," kata Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Ari membantah jika batalnya kehadiran Jokowi dikarenakan adanya penolakan penobatan KBPH Suryodilogo sebagai Paku Alam X. Menurut Ari, Jokowi batal hadir karena ada tugas yang lain.

"Bukan karena itu, tapi karena ada pekerjaan lain," ungkap Ari.

Kerabat Paku Alaman Bupati Sepuh KRMT Roy Suryo Notodiprojo mengatakan, prosesi penobatan akan dilakukan pada pukul 8.30 WIB, di Kagungan Dalem Bangsal Sewotomo Kadipaten Pakualaman. 

Panitia juga turut mengundang sejumlah tamu penting dalam proses penobatan nanti seperti kerabat dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Kasunanan Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran, Kraton Cirebon, serta Kasultanan Goa.

Selain itu, para petinggi pemerintahan baik pusat maupun daerah juga diundang untuk menghadiri upacara penobatan.

"Presiden, Menteri, Ketua Parlemen pusat dan daerah, petinggi TNI/Polri. Rohaniawan, akademisi dan tokoh masyarakat juga diundang," ucap Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com