Lima "Blusukan" Heboh Jokowi

Kompas.com - 31/12/2015, 10:00 WIB
Presiden Joko Widodo saat memantau kabut asap akibat kebakaran hutan di Kalimantan Selatan, Rabu (23/9/2015). Agus Suparto/Twitter @jokowiPresiden Joko Widodo saat memantau kabut asap akibat kebakaran hutan di Kalimantan Selatan, Rabu (23/9/2015).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
JAKARTA, KOMPAS.com — Sepanjang 2015, Presiden Joko Widodo melakukan sejumlah kegiatan blusukan.

Apa saja blusukan Jokowi yang paling menyita perhatian?

Dalam catatan Kompas.com, ada lima blusukan paling mengundang perhatian sejak Jokowi dilantik menjadi Presiden hingga akhir tahun ini.

1. Blusukan perdana ke Sinabung


Tidak lebih dari dua pekan setelah dilantik menjadi RI-1, Jokowi langsung mengunjungi korban erupsi Gunung Sinabung yang mengungsi di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (29/10/2014).

TRIBUN MEDAN / DEDY SINUHAJI Warga meninggalkan ladang saat terjadi erupsi Gunung Sinabung yang disertai awan panas di Desa Sukandebi, Karo, Sabtu (13/6/2015). Gunung Sinabung yang kini masih berstatus Awas masih mengalami peningkatan aktivitas.
Inilah blusukan pertama Jokowi setelah dilantik menjadi Presiden.

Jokowi memberikan bantuan uang tunai serta membagikan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar kepada pengungsi.

Jokowi juga enggan terikat oleh protokoler dan jadwal resmi. Di Kabanjahe, ia tak mau hadir dalam acara resmi pemaparan kondisi terakhir pengungsi dan Gunung Sinabung. Ia menggantinya dengan rapat singkat tertutup.

Jokowi juga tak segan berjalan jauh untuk menemui warga. Komandan Jenderal Paspampres Mayjen Andika Perkasa pun harus menggunakan sepatu sol karet untuk mengawal langkah Kepala Negara.

(Baca: Beda Suasana Kedatangan Jokowi Dibanding SBY di Kabanjahe)

TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI Warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung menyalami Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan kunjungan di Desa Gurukinayan, Karo, Rabu (29/10/2014). Blusukan perdana Jokowi ke Tanah Karo tersebut untuk melihat kondisi pengungsi korban erupsi serta memberikan bantuan dan mencari solusi penyelesaian proses relokasi bagi warga korban.


2. Marah di Tanjung Priok

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X