Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarief Hasan: Semua Dukung SBY, Siapa yang Dukung Marzuki Alie?

Kompas.com - 24/04/2015, 14:12 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, saat ini hampir semua kader Demokrat yang memiliki hak suara dalam kongres telah mendukung Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali maju sebagai ketua umum Partai Demokrat periode 2015-2020. Dia menilai, peluang calon lain, seperti Marzuki Alie, untuk bersaing dengan SBY sangat kecil.

"Semua sudah dukung SBY, siapa yang mau dukung Marzuki Alie?" kata Syarief seusai penutupan Rapimnas Ikatan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) di Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Dalam kesempatan tersebut, IMDI menyatakan dukungan ke SBY untuk maju kembali sebagai ketua umum. SBY pun menyatakan menerima dukungan tersebut dan siap untuk kembali memimpin Demokrat untuk lima tahun yang akan datang.

"Beliau menerima karena ini desakan dari kader yang semakin banyak," kata Syarief. (Baca: Marzuki Tagih Janji SBY)

Dia membantah bahwa majunya SBY sebagai ketua umum ini tidak demokratis. Calon lain yang memang mendapat dukungan dari kader daerah tetap mempunyai peluang bersaing. Nantinya, jumlah minimal dukungan untuk setiap calon ketua umum akan ditentukan dalam kongres.

"Kita tetap membuka celah, kalau ada kader yang mau mencalonkan, silakan," ujarnya.

Pemilihan ketua umum akan digelar lewat kongres pada 11 Mei hingga 13 Mei 2015 mendatang di Surabaya. Sebagian elite Demokrat, salah satunya Marzuki Alie, menginginkan SBY tak lagi maju sebagai ketum Demokrat. (Baca: Marzuki: Sebaiknya Pak SBY Jadi Negarawan, Jangan Diturunkan Lagi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com