Jokowi: Impor Itu Bikin Malas - Kompas.com

Jokowi: Impor Itu Bikin Malas

Kompas.com - 18/11/2014, 13:27 WIB
Sabrina Asril/KOMPAS.com Presiden Joko Widodo

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo merasa prihatin akan ketergantungan pangan Indonesia terhadap produk impor. Indonesia yang merupakan negara agraris bahkan harus membeli beras impor Vietnam untuk dikonsumsi.

"Saya mau tanya, komoditas pangan apa yang tidak kita impor? Sedih. Saya ketemu Presiden Vietnam, 'Stok beras saya masih banyak, kapan dibeli (Indonesia)?' Coba, ini saya, tuh," kata Jokowi sambil menaruh tangannya di dada.

Jokowi menilai bahwa sebagai negara agraris, Indonesia harus bisa mandiri dalam sektor pangan. Dia menargetkan, dalam 3-4 tahun mendatang, Indonesia sudah bisa swasembada beras hingga gula.

Untuk mencapai target itu, Jokowi harus mengerjakan beberapa hal, misalnya terkait irigasi yang rusak hingga 52 persen. Selain itu, menurut Jokowi, Indonesia tidak pernah sekali pun membangun waduk dalam waktu 15 tahun terakhir.

"Maka dari itu, kami mulai tahun depan akan bangun 11 waduk. Enggak ada jalan lain selain itu. Impor itu bikin malas, produksi dalam negeri dilupakan," kata dia.

Dalam mempersiapkan rencana swasembada beras, Jokowi juga sudah memerintahkan agar Bulog bersiap diri sejak awal untuk menyiapkan gudang dan distribusi.


EditorLaksono Hari Wiwoho

Close Ads X