Andi Widjajanto Ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet - Kompas.com

Andi Widjajanto Ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet

Kompas.com - 29/10/2014, 20:42 WIB
KOMPAS.com/Indra Akuntono Andi Widjajanto


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Andi Widjajanto, mantan Deputi Tim Transisi, akhirnya tak benar-benar "pensiun" seperti yang disebutkan sebelumnya. Presiden Joko Widodo menunjuk Andi sebagai Sekretaris Kabinet. Demikian disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kantor Kemensetneg, Rabu (29/10/2014).

"Iya, menunggu pelantikan," ujar Pratikno.

Meski belum ada pelantikan, Pratikno mengaku sudah terus bekerja bersama dengan Andi mengurus segala kebutuhan kabinet hingga kementerian. Pada Rabu siang hingga malam ini, misalnya, Pratikno bertemu dengan Andi dan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago untuk menyusun sejumlah peraturan presiden untuk membentuk kementerian dan badan baru.

"Kami masih kerja bareng terus, Setkab dan Sesneg," ungkap Pratikno.

Saat dikonfirmasi soal penunjukan tersebut, Andi pun berkilah. Pengamat pertahanan itu mengaku, dia hanya berperan sebagai mantan Deputi Tim Transisi dalam rapat hari ini.

"Saya belum dapat info. Saya di sini sebagai Deputi Transisi, di bawahnya ada pokja kelembagaan. Jadi, mengawal Pratikno yang juga bagian dari transisi," imbuh Andi.

Andi hanya menjelaskan bahwa Jokowi berencana melakukan penguatan Kantor Kepresidenan yang dikelapai oleh Kepala Staf Kepresidenan. Di bawahnya adalah Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Unit Kerja Presiden Bidang Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP4).

"Semua itu akan berada dalam satu kotak kepresidenan," ucap dia.

Sebelumnya, Andi memang menjadi salah satu mantan Deputi Tim Transisi yang paling aktif dalam proses seleksi menteri. Selain Andi, ada nama Rini Soemarno dan Hasto Kristyanto. Banyak yang menduga bahwa ketiga orang itu akan mendapat posisi dari Jokowi. Rini sudah lebih dulu didaulat sebagai Menteri BUMN. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorFidel Ali Permana

Close Ads X