Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilihan Pimpinan MPR, Prabowo ke DPR dan Ucapkan "Selamat Berperang"

Kompas.com - 07/10/2014, 09:28 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto datang ke Ruang Fraksi Gerindra di lantai 15, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/10/2014) pagi. Prabowo hadir tepat pada hari pemilihan pimpinan MPR.

Prabowo tiba di Kompleks Gedung Parlemen kira-kira pukul 07.30 WIB. Ia terlibat perbincangan dengan sejumlah pimpinan Fraksi Gerindra dan meninggalkan lokasi sekitar pukul 08.40 WIB. Di sana tampak dua Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon dan Edhy Prabowo, serta Ketua Fraksi Gerindra di DPR, Ahmad Muzani. Mereka mendampingi Prabowo.

Tak banyak penjelasan yang disampaikan terkait substansi kedatangan Prabowo ke DPR. Namun, sesaat sebelum memasuki lift untuk turun ke lantai dasar, Prabowo sempat memberi dukungan sambil berkelakar kepada beberapa anggota Fraksi Gerindra yang akan menghadiri paripurna pemilihan calon pimpinan MPR. "Sudah ya, kalian siap-siap berperang," seloroh Prabowo disambut tawa orang yang menyaksikannya.

Koalisi Merah Putih dan Partai Demokrat sudah sepakat mengajukan paket calon pimpinan MPR dengan komposisi empat orang perwakilan parpol koalisi dan satu perwakilan dari Dewan Perwakilan Daerah. Paket tersebut diisi oleh perwakilan Demokrat, Golkar, PAN, PKS, dan DPD.

Sementara itu, koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla akan mengajukan paket dengan komposisi Ketua MPR yang akan diisi oleh perwakilan DPD, serta empat wakil oleh perwakilan partai koalisi dan Koalisi Merah Putih.

Berdasarkan hasil sidang pleno DPD, Oesman Sapta terpilih menjadi calon pimpinan MPR mewakili DPD. Oesman menyatakan, DPD akan solid dan memprioritaskan paket yang menjadikan wakil dari DPD sebagai Ketua MPR. Pemilihan calon pimpinan MPR akan digelar pada Selasa (7/10/2014) pagi dalam sidang paripurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com