Kompas.com - 23/09/2014, 22:10 WIB
Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj KOMPAS.com/DIAN MAHARANIKetua Umum PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj
EditorFidel Ali Permana

JAKARTA, KOMPAS.com  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama berharap elite Partai Persatuan Pembangunan yang saat ini berseteru segera melakukan islah dan bersama-sama kembali menjalankan roda organisasi partai Islam itu.

"Jika PPP kembali pada visi misinya, saya yakin semuanya bisa diselesaikan dengan islah," kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj di Jakarta, Selasa.

Menurut Said Aqil, harus sebisa mungkin dihindari adanya pihak ketiga yang melibatkan diri dalam perbedaan pendapat di antara elite partai berlambang Kabah tersebut.

"Merekalah yang bertepuk tangan jika terjadi konflik," kata Said Aqil.

Menurut Said Aqil, pergantian kepemimpinan di organisasi seharusnya mengacu pada aturan yang ada.

"Jika dipilih lewat muktamar, maka pemberhentiannya pun juga harus lewat muktamar, entah itu muktamar luar biasa, muktamar dipercepat, atau apa saja namanya," katanya.

NU merupakan salah satu unsur yang terlibat dalam sejarah berdirinya PPP pada 1973. PPP terbentuk dari fusi empat partai politik, salah satunya adalah Partai NU.

Pada Muktamar NU di Situbondo, Jawa Timur, tahun 1984, NU memutuskan keluar dari politik dan kembali pada khitah atau cita-cita pendirian NU sebagai organisasi sosial keagamaan.

Meski demikian, tidak sedikit kader NU yang berkiprah di PPP, di antaranya Suryadharma Ali dan M Romahurmuziy, yang saat ini dalam posisi berseberangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.