Hasil Seleksi, Calon Pimpinan KPK Tinggal 11 Orang

Kompas.com - 13/09/2014, 16:00 WIB
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi KOMPAS.com/ICHA RASTIKAGedung Komisi Pemberantasan Korupsi
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com
- Hasil seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), peserta seleksi tinggal 11 orang. Mereka dinyatakan lolos oleh panitia seleksi berdasarkan tes pembuatan makalah tentang pemberantasan korupsi.

"Sudah dinyatakan lolos 11 calon. Kita umumkan tanggal 15 September (2014), minta bantuan semua pihak untuk memberi masukan (tentang seluruh peserta)," kata Anggota Pansel calon pimpinan KPK Imam Prasodjo, di Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Imam menjelaskan, 11 calon pimpinan KPK itu berasal dari latar belakang berbeda. Di antaranya pensiunan pegawai negeri sipil (PNS), wartawan, legislator, dosen, swasta, dan lembaga negara non kementerian.

Setelah diumumkan, kata Imam, pihaknya berharap agar publik memberikan masukan kepada pansel tentang calon sebagai bahan untuk pengayaan informasi yang akurat. Masukan itu dapat disampaikan ke pansel melalui laman www.kemenkumham.go.id/panselKPK.

"Kita minta masukan karena tentunya masyarakat lebih kenal (pada nama-nama calon pimpinan KPK)," ujarnya.

Sebagai informasi, awalnya ada 104 arang yang mendaftar sebagai calon pimpinan KPK. Dari jumlah itu, sebanyak 64 orang lolos seleksi administratif dan dianggap memenuhi kriteria, tapi hanya 59 orang yang mengikuti tes pembuatan makalah. (baca: Lima Peserta Seleksi Calon Pimpinan KPK Didiskualifikasi)

Seleksi itu dilakukan lantaran masa jabatan Busyro Muqoddas akan habis pada Desember mendatang. Busyro kembali maju dalam seleksi kali ini.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X