Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperiksa KPK, Ketua Komisi VIII Mengaku Ikut Rombongan Haji DPR

Kompas.com - 18/08/2014, 17:45 WIB
Rahmat Fiansyah

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziah mengaku ikut dalam rombongan haji bersama Komisi VIII dan pimpinan DPR yang diketuai Marzuki Alie. Perjalanan itu dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan sebagai anggota DPR.

"Saya rombongan Komisi VIII dan pimpinan DPR," kata Ida seusai diperiksa selama tujuh jam di Gedung KPK, Jakarta, Senin (18/8/2014).

Anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa itu mengatakan, biaya untuk mengadakan perjalanan haji digunakan dari dana daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) DPR. Ia mengaku tidak tahu jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk membiayai rombongan tersebut.

Saat ditanya soal pengawasan apa yang dilakukan DPR di Arab Saudi, Ida mengaku hanya melakukan pengawasan secara umum, dalam hal ini soal pelayanan terhadap jemaah haji. Dia juga tidak mengetahui apakah ada penyelewengan dalam penyelenggaraan haji tersebut.

Dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji tahun 2012-2013, KPK telah menetapkan mantan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu diduga melakukan penyalahgunaan wewenang atau perbuatan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara. Modus penyalahgunaan wewenang dan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi yang diduga dilakukan Suryadharma, antara lain, dengan memanfaatkan dana setoran awal haji oleh masyarakat untuk membiayai pejabat Kementerian Agama dan keluarganya naik haji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com