Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Memang Tidak Suka Banyak Omong

Kompas.com - 09/06/2014, 14:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Joko Widodo menjawab pandangan banyak pihak bahwa dirinya tidak pandai berbicara. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengungkapkan, dirinya bukan tidak pandai berbicara. Dia mengaku tidak suka berbicara panjang lebar.

"Saya memang enggak suka basa-basi, banyak omong, saya mendingan kerja saja," ujarnya di rumah salah satu kelompok relawan, Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/6/2014).

Jokowi mengaku terbiasa kerja efektif tanpa banyak berbicara. Jika tengah membicarakan satu topik, Jokowi pun tak terbiasa berbicara berputar-putar. Jokowi lebih suka berbicara langsung terkait topik pembicaraan tersebut.

Sebelumnya, banyak pihak yang meragukan kemampuan bicara Jokowi. Puncaknya, yakni saat dia berpidato pada Deklarasi Pemilu Berintegritas dan Damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), beberapa waktu lalu.

Banyak pihak yang menilai bahwa penampilan Jokowi dalam pidato tersebut sangat kaku, berbeda dengan rivalnya Prabowo Subianto yang dianggap lebih luwes.

Sekadar gambaran, Jokowi selama memimpin di Surakarta dan Jakarta lebih banyak bekerja di lapangan alias blusukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com