Kompas.com - 12/04/2014, 20:27 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah resmi berkoalisi dengan Partai Nasdem untuk mendukung Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden 2014.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan, pihaknya siap mendukung pencapresan Jokowi dengan kampanye melalui media massa yang dimiliki Paloh.

"Harus diberdayakan sepenuhnya. Networking yang ada akan digunakan. Kalau bisa serangan darat, laut, dan udara," kata Paloh di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Namun, sebut Pimpinan Media Group itu, yang terpenting adalah bagaimana Jokowi bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk bisa memimpin negeri ini. "Tapi yang paling penting mengambil hati masyarakat, mendapatkan kepercayaan masyarakat," kata Paloh.

Jokowi sendiri enggan mengomentari lebih jauh dukungan yang akan diberikan Partai Nasdem. "Tadi sudah disampaikan Bang Surya, ada laut, darat, dan udara," katanya.

Sebelumnya, setelah melakukan pertemuan dengan Jokowi di Kantor DPP Partai Nasdem, Paloh menyatakan resmi mendukung sepenuhnya pencapresan Jokowi. Kesepakatan itu diambil sambil menunggu hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap hasil Pemilu Legislatif 2014.

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), kedua partai ini lolos dari ambang batas parlemen sebesar 3,5 persen. Bahkan, PDI-P menempati urutan teratas. Menurut Paloh, keputusan Partai Nasdem untuk berkoalisi dengan PDI-P karena sama-sama memiliki platform dan garis perjuangan untuk melakukan perubahan serta restorasi bangsa Indonesia menjadi yang lebih baik lagi.

Selain itu, kata dia, Partai Nasdem juga bertekad untuk membuat Indonesia menjadi Indonesia Hebat sesuai dengan tagline yang diusung PDI-P. Adapun, pertemuan selama sekitar 1 jam itu, turut dihadiri oleh Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo, Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella, dan Ketua Bappilu Partai Nasdem Ferry M Baldan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.