Mengapa Deklarasi Jokowi pada 14 Maret 2014?

Kompas.com - 15/03/2014, 19:19 WIB
Detik-detik menjelang Joko Widodo menyatakan siap menjadi calon presiden di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014). KOMPAS.com/Fabian Januarius KuwadoDetik-detik menjelang Joko Widodo menyatakan siap menjadi calon presiden di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014).
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Deklarasi Joko Widodo menyatakan siap menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan bukan mendadak. Rupanya, Megawati Soekarnoputri sudah merencanakan angka serba empat sebagai momen yang tepat.

"Ibu Mega memutuskan Pak Jokowi menjadi calon presiden pada 14 Maret 2014, jam 14 lewat 44. Ini sesuai dengan nomor urut PDI-P, nomor 4," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P, Ahmad Basarah, ditemui seusai Deklarasi Kampanye Berintegritas Pemilu 2014 di Monas, Sabtu (15/3/2014).

Menurutnya, ada pertimbangan tertentu sehingga Jokowi baru dideklarasikan. Selain sosial politik, pertimbangan spiritual dan kebatinan pun dilakukan oleh PDI-P.

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri sebelumnya mengajak Jokowi berziarah ke makam Soekarno. Menurutnya, Mega berdoa di pusara Soekarno, yang bukan hanya sosok ayah, tapi juga pendiri Republik Indonesia.

Ahmad menjelaskan, ditunjuknya Jokowi sebagai bakal capres dari PDI-P merupakan keputusan yang diambil dengan pertimbangan untuk kepentingan bangsa dan negara, yaitu jabatan presiden Republik Indonesia. Maka, Mega merasa perlu mengajak Jokowi ke pusara Soekarno, sebelum memutuskan calon presiden.

Sehingga, menurutnya, hal itu membuktikan bahwa Mega menunjuk Jokowi telah melalui pertimbangan yang panjang, matang, dan penuh perhitungan, baik lahir maupun batin.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X