Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Peras Dirut Merpati, Sumaryoto Siap Dikonfrontir

Kompas.com - 22/11/2012, 12:41 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI-Perjuangan, Sumaryoto diperiksa selama dua jam oleh Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis (22/11/2012) ini. Usai menjalani pemeriksaan, Sumaryoto langsung dikerumuni wartawan yang meminta klarifikasi atas laporan Menteri BUMN Dahlan Iskan. Berdasarkan laporan Dahlan, Sumaryoto diduga meminta jatah atas penyertaan modal negara (PMN) kepada direksi PT Merpati Nusantara Airlines (MNA).

Sumaryoto yang menggunakan jas warna hitam dengan celana bahan warna senada tampak enggan memberikan klarifikasinya. Ia terus mengulang jawabannya saat ditanya atas tudingan itu. "Sudah saya serahkan ke BK, tolong sampeyan (tanya) ke BK saja," ujar Sumaryoto, Kamis (22/11/2012), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Saat terus didesak meminta klarifikasi, Sumaryoto pun tak peduli. Ia justru meminta Pamdal DPR untuk segera membentengi dirinya dari sorot kamera. Saat berjalan di lorong, emosi Sumaryoto tak lagi bisa ditahan. Ia menggengam rekaman wartawan sambil menegaskan suaranya.

"Saya tidak akan banting, tapi saya tidak mau bicara. Tanya ke BK!" tukas Sumaryoto.

Namun, saat dimintai klarifikasi soal permintaan pertemuan dengan Dirut PT MNA Rudy Setyopurnomo tanggal 8 Oktober 2012 lalu, Sumaryoto langsung membantahnya. "Tidak ada. Saya di Semarang itu," ucapnya singkat.

Ia pun menyatakan dirinya siap dikonfrontasi dengan Dirut Merpati itu. "Siap, saya siap," ujar Sumaryoto yang langsung masuk ke ruang tunggu tamu anggota Dewan. Petugas pun langsung menutup akses wartawan masuk ke ruang itu.

Baca juga:
Dirut Merpati Pastikan 2 Politisi Tak Memeras
Besok, BK DPR Panggil Anggota Dewan Terduga Pemeras BUMN
BK Terima Dua Nama Baru yang Diduga Pemeras BUMN
BK: Dirut PT PAL Terima SMS Pemerasan
Inilah Awal Mula Kisruh Kongkalikong BUMN ...

Berita-berita terkait lainnya dalam topik:
Kongkalikong di Kementerian
Dahlan Iskan Versus DPR

Dan, berita terhangat Nasional dalam topik:
Geliat Politik Jelang 2014

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com